Kamis, 03 Januari 2013

ICONS ( PICONS DAN MICONS )


Apakah icon itu? 
Icon adalah sebuah lambang atau symbol. 

Dalam terminology multimedia, setiap representasi dalam bentuk gambar dimana pemakai dapat meng-klik disebut Icon. Dalam teori mengenai lambang-lambang, icon adalah sebuah gambar yang mudah dikenali. Icon tidak bersifat simbolik tetapi icon bersifat nyata dan mudah dikenali tanpa perlu penjelasan. 

Masih bingung? Pernah melihat sebuah multimedia mengenai pariwisata di bandara? Di lingkungan umum (public place), tidak ada orang yang bisa menjelaskan cara pemakaian atau lambang-lambang yang ada dalam multimedia yang kita buat. Oleh karena itu icon yang ditampilkan dalam multimedia tersebut harus sangat mudah dipahami tanpa perlu bertanya. 

Dalam sebuah multimedia, icon meliputi gambar-gambar dari gambar abstrak sampai sangat realistic. Sebuah icon yang dilambangkan dalam bentuk gambar dengan resolusi tinggi dan sangat realistic (seperti foto) disebut picons. Jika kita menjadikan sebuah gambar yang bergerak sebagi icon, kita menyebutnya micons.

Hal yang perlu diperhatikan dalam membuat icons

- Pastikan icon merepresentasikan sesuatu dengan jelas

Membuat icon kelihatannya mudah. Pada kenyataannya membuat icon perlu kehati-hatian. Beberapa konsep yang kelihatannya mudah ternyata akan menjadi sulit untuk ditampilkan menjadi icon. Andaikan dalam multimedia yang kita buat ada tombol “BACK”. Secara harafiah, tombol itu berarti “kembali”. Pertanyaannya adalah, kembali ke mana? Dalam web browser tombol BACK berarti kembali ke halaman sebelumnya. Akan tetapi pada kenyataanya dalam multimedia, tombol BACK bisa berarti berbeda. BACK bisa berarti:
- Kembali ke halaman sebelumnya
- Kembali ke menu level sebelumnya
- Kembali ke menu Utama

Mana yang betul? Semua bisa betul. Dalam multimedia interaktif biasanya ketiga-tiganya digunakan, sehingga biasanya terdapat minimum tiga jenis tombol “kembali”, yaitu:
- BACK – kembali ke menu level sebelumnya
- PREVIOUS – kembali ke halaman sebelumnya, dan- HOME – kembali ke menu Utama


- Kesamaan fungsi

Suatu icon yang memiliki fungsi yang mirip sebaiknya juga digambarkan dalam icon yang juga memiliki kesamaan arti.


- Jangan terlalu banyak icon

Icon adalah sebuah lambang. Dengan demikian pemakai perlu beberapa saat untuk memahami arti sebuah icon. Apabila dalam satu halaman terdapat banyak icon, berarti perlu cukup banyak waktu yang dibutuhkan untuk mengartikan seluruh icon yang ada. Hal ini akan sangat mengganggu. Batasi penggunaan icon pada batas minimum.


- Perhatikan icon dengan teks

Sebuah tombol yang ditampilkan dalam bentuk teks, seperti tombol dengan tulisan “EXIT” perlu diperhatikan dengan seksama apakah pemakai yang dijadikan target audience dapat berbahasa Inggris? Sebuah multimedia yang ditempatkan di bandara, memang mungkin perlu dituliskan dalam bahasa Inggris, dengan anggapan bahwa orang yang datang ke bandara mengerti bahasa Inggris. Bagaimana dengan di Cina, misalnya? Tidak semua orang di dunia ini mengerti huruf Cina. Itu berarti, jika ada multimedia yang dibuat dengan tulisan Cina, dan ditempatkan di tempat umum, maka perlu ada tambahan terjemahan dalam tombol tersebut.




Desain icons dalam user Interface dibedakan menjadi dua jenis yaitu picons dan micons.
PICONS adalah singkatan dari Personal ICONS yaitu "ikon pribadi". Berbentuk kecil, gambar terbatas dan digunakan untuk mewakili pengguna dan domain di internet, disusun dalam database sehingga gambar yang sesuai untuk alamat e-mail yang diberikan dapat ditemukan. Selain pengguna dan domain, ada picons database untuk newsgroup Usenet dan prakiraan cuaca.

MICONS adalah picons yang bergerak (dalam hal ini berupa file GIF animasi). Micons ini adalah animasi dari Picons di atas, tetapi bisa juga berupa video khusus yang dijadikan micons.Sehingga memberikan interaksi yang menarik bagi user.

·           Keunggulan picons
Hemat kapasitas
Lebih praktis
Tidak membuat beban pada kinerja komputer

·           Keunggulan micons
icons menjadi terlihat menyenangkan
seperti melihat video dengan kapasitas kecil

Tidak ada komentar:

Posting Komentar